Kamis, 01 Januari 2015

Warna India Yang Kental Dalam Buku Karya Chitra Banerjee Dhivakaruni

Dear Temans,

Menemukan buku ini di lapak sale GPU, bagaikan menemukan harta karun. Dakuw selalu suka buku-buku penulis yang kental warna lokalnya. Seperti kumpulan cerita pendek karya Chitra Banerjee Divakaruni, penulis India kelahiran 1956 ini.

Cover Terjemahan GPU


Ada 9 cerita pendek yang semuanya dari sudut pandang perempuan.
Kebanyakan bercerita benturan budaya, gegar budaya perempuan India yang merantau ke luar negeri. India memiliki tradisi merantau dan menjodohkan anak yang sudah siap menikah. Walaupun merantau ke luar negeri, para lelaki tetap akan dijodohkan dengan perempuan dari India. 

Itulah kenapa banyak perempuan India menikah dan ikut suaminya ke berbagai belahan dunia. Salah satunya karya Kavita Daswani yang sudah diterjemahkan GPU, For Matrimonial Purposes. 
 
Cerita pembuka kumcer ini adalah Nyonya Dutta Menulis Surat.
Cerpen ini berkisah tentang Nyonya Dutta yang pindah mengikuti anaknya, Sagar ke Amerika. Karena Sagar khawatir ibunya sendirian dan sakit di India. Nyonya Basu, sahabat sekaligus tetangganya di India berpuluh tahun, menulis surat padanya. Bertanya-tanya apakah ia bahagia.

Cover Asli Berbahasa Inggris

Nyonya Dutta mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Bagaimana ia harus mencuci bajunya sembunyi-sembunyi. Ia kesepian dan bersitegang dengan menantu dan cucu-cucunya yang ia katakan terlalu Amerika. Tapi, Nyonya Dutta tak ingin mengakui pada sahabatnya kalau ia kurang bahagia di rumah anaknya. Dan ia menulis surat khayalan untuk Nyonya Basu. 

Cerita menarik lainnya adalah Apa Yang Diketahui Tubuh.
Kisah Aparna yang melahirkan bayi dengan operasi dan ternyata mengalami perlengketan usus.
Tak hanya itu, ia menderita baby blues akut hingga tak mau menimang bayinya. Seorang dokter gagah memarahinya karena menyia-nyiakan perjuangan dia menyelematkan nyawa Aparna. Sejak itu tumbuh cinta yang aneh di hati Aparna yang membuatnya bangkit.

Membaca buku ini membuat kita merenung. 
Betapa berwarnanya kehidupan orang-orang. Kita tak bisa menghakimi orang lain hanya karena ia tak memakai sepatu yang kita pakai. Jadi, bertoleransilah. Buku lain karya Chitra yang sudah diterjemahkan GPU adalah novel The Conch Bearer. Semoga bisa menemukan buku itu.

Quote:
Cinta seorang pria baik bisa menyelematkan hidupmu

Data Buku:
Judul Buku : Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui Dalam Hidup Kita – The Unknown Errors of Our Lives
Penulis : Chitra Banerjee Divakaruni
Alih Bahasa : Gita Yuliani K.
Penerbit : Gramedia Pusataka Utama
Cetakan Pertama : Februari 201

3 komentar:

  1. Samaa....aku juga suka buku penulis luar dengan warna lokalitas yang kental. Aku baru punya dua bukunya CBD mb Dew, itupun belum kebaca, xixixiiii

    BalasHapus
  2. hihi ayo baca kiii..kebayang deh timbunan bkuunya eky..yummii...

    BalasHapus
  3. Aku baru baca satu buku Chitra yg diterbitin Bentang dan beli obral juga. Memang tulisannya penuh perenungan.

    BalasHapus