Rabu, 10 Desember 2014

Cinta Hari Gini, Nano-Nano Rasanya!

Dear Temans,

Mau ngereview buku ini duluu..
Cinta Hari Gini, Yup..buku ini adalah kumpulan cerpen para pemenang lomba menulis Komedi Cinta yang diselenggarakan Penerbit Gradien Mediatama tahun 2012 Ya, Gradien punya tradisi bikin buku kumcer Komedi Cinta. Ini kali ketiga atau keberapa gitu yaa *info sesat. 

Dan karena dakuw setia, di buku ketiga ini ceritaku nongol lagi. Hehe.
Ya, buku pertama dan kedua dulu proyek Gradien dengan komunitas blogger Blogfam. Aku ikutan tuh. Nah, kalau buku yang ini sih dibikin lomba oleh Gradien, mencari bibit-bibit baru penulis komedi unyu, kayak eyke gitu dehh...*plak!

Walaupun namanya komedi cinta, sebenarnya isinya sih cinta-cintaan yang mengenaskan. Mulai dari cinta bertepuk sebelah tangan, putuslah, cinta tak disetujui ortu. Woiii, mana komedinyaa? Hehe. Tenang, tenang, jangan emosi. Komedi itu kan sebenarnya pembaca menertawakan kesialan kamu dan kamu mendapat royalti dari situ, hehehe. Jadi semakin sial nasibmu, penonton eh pembaca makin hepi *malangnyaa!

Tiga cerpen pemenang utama mengawali buku ini. Salah satunya, Metamorfosis Cinta Ulat Yang Gagal, Hihi panjang yaa judulnya karya Atiggg aka Rizki Gita Nurani. Settingnya Ospek mahasiswa baru. Mita ditaksir teman Maba juga, namanya Robi. Kocak ceritanya. Apalagi pesan Mama Mita, Ospek itu seru, cari pacar anak Kedokteran biar kalau sakit ada yang rawat. Atau Teknik Mesin, biar motor Mita tiap bulan nggak usah servis ke bengkel. Wkwkwk.

Ada cerpen yang menarik perhatian dakuw nih. Sebenarnya rada serius lho temanya. Judulnya Cataplexy karya Alfindi Agyputri. Apa itu Cataplexy? Ternyata sejenis penyakit otot yang tiba-tiba lemas apabila dipicu oleh emosi berlebihan seperti senang, sedih dan lainnya. Dan itulah yang diderita Isabelline Mauve, anak baru dari Jakarta. ia tampak dingin dan  sering mendadak pingsan. Dan tokoh si aku ini, jatuh cinta. Ceritanya lucu dan menyentuh.

Yang unik, cerpennya Mbak Langit Amaravati. Penulis serba bisa ini, dari komedi sampai sastra. Baru tahu lhoo pohon kentang itu tempat bersemayam makhluk-makhluk gituan eh halus hihihi. Kocak deh cerpennya yang berjudul Cinta Setengah Kentang. Dua sahabat lama yang akhirnya saling menyukai.

Ada juga cerpen dari penulis unyu yang makin produktif, Artie Ahmad. Salah Teknik, judulnya. Cerpen Artie masuk sebegai pemenang cerita unggulan. Go Go Artie, kamu tuh bisa jadi contoh penulis yang tekadnya kuat, nggak hanya bilang pengen nulis, tapi serius dilakoni. 

Ada 20 cerpen kocak di dalam buku ini dari 20 penulis. Dan ajaibnya, semua perempuan bo. Apakah ini tanda-tanda genre buku komedi akan dikuasai para wanita? Raditya Dika, Boim Lebon, dan Alit Susanto, Menyingkirlah! Hohoho.

Data Buku:
Judul: Cinta Hari Gini
Penulis: Atiggg dkk (Pemenang Lomba Komedi Cinta 2013)
Penerbit: Gradien Mediatama
Genre: Komedi 
Terbit: Januari, 2014
Tebal: 240 Halaman
Harga: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar