Sabtu, 29 November 2014

Pasukan Matahari, Menyusuri Kembali Kenangan Masa Kecil

Dear Temans,

Baru kelar baca novel terbarunya Kang Gol A Gong, Pasukan Matahari. Buku yang diterbitkan Indiva, Solo ini cukup tebal yaitu 367 halaman. Mantap deh. Buku ini saya dapatkan ketika menjadi panitia workshop menulis novel Komunitas Penulis Ungaran beberapa waktu lalu.


Dari covernya, saya suka sekali. Nyeni. Didesain oleh Naafi Nur & Andi Rashyan. Sangat tepat menggambarkan isi novel yang berisi perjalanan Pasukan Matahari mendaki anak Gunung Krakatau.

Novel ini bercerita tentang Doni, seorang wartawan sebuah koran nasional. Waktu kecil, ia memiliki dua geng yaitu Geng 4 Matahari dan Geng Pasukan Semut. Kedua geng sahabat Doni inilah membuat Doni bisa melalui masa kecilnya yang cukup pahit, ia kehilangan sebelah tangannya karena kecelakaan.

Ada janji di masa kecil, Pasukan Matahari akan reuni di tanggal 17 Agustus, ketika mereka dewasa,  dengan mendaki anak Gunung Krakatau bersama-sama. Sebuah janji yang harus ditunaikan. Doni terpaksa kembali.

Kembali ke Kampung, membangkitkan kenangan buruk Doni tentang amputasinya. Kepergian orangtua Doni membuatnya enggan melihat lagi rumah masa kecilnya. Tokoh Doni, istri Doni dan kedua anaknya nyata sekali rasanya. Terutama sang istri yang hobi nongkrong di sosmed, segala hal diunggah ke sosmed, hehe. Kita banget.

Perjalanan Doni berserta keluarga kecilnya kembali ke Menes, kampungnya seru sekali. Berbagai kejadian susul-menyusul. Mulai dari anak pembantunya yang sakit, bos yang memaksanya tugas liputan dan bertindak otoriter mengancam memecatnya dan banyak lagi kejadian yang bikin merinding. Hehe. Perjalanan Doni dengan mobil sewaannya menarik dibaca. Sepertinya seru kalau dijadikan film kelak.

Kepulangan selalu membawa kelegaan. Dan Doni akhirnya mengambil sebuah keputusan besar untuknya dan keluarganya. Buku ini sedikit mirip dengan situasi penulisnya, Kang GG maaf, juga diamputasi lengannya saat kecil. Tadinya, saya mengira ini semacam biografi. Ternyata ada tulisan di dalamnya kalau novel ini adalah fiksi. Satu hal yang didapatkan dari novel ini adalah semangat meraih impian di tengah keterbatasan. Ya, selalu ada jalan di tengah keterpurukan.

Oh iya, aku terkesan penggambaran rumah masa kecil Doni dan kampungnya di Menes. Jadi penasaran. Dengar kabar, buku ini dilirik Ari Sihasale untuk difilmkan. Semoga prosesnya lancar aamiin.


Data Buku:

Judul: Pasukan Matahari
Jenis: Novel Inspiratif
Penerbit: Indiva, Oktober 2014
Penulis: Gol A Gong
Tebal: 367 Halaman
Harga: Rp.69.000,-
Cetakan: Pertama

5 komentar:

  1. ya betul asyik, Mbak...sy juga pingin ngebayangin sosok "gong" difilmkan....

    BalasHapus
  2. oh buka gola gong yg baru ya? blm punya nihh..trims infonyaa..slamat buat blog barunya, salam kenal:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiiih..udah berkunjuung :) salam kenal yaa

      Hapus
  3. Waah bukunya covernya keren. Isinya sepertinya juga bagus mbak. Pengin belajar bikin review juga ah..

    BalasHapus
  4. @mba nunung: aku reviewnya asal mba hihihi...asal njeplak :) iya buku GG terbaru, anyar bgt, pas lagi bikin bedah buku di Ungaran, bukunya blom terbit, dua hari kemudian baru dikirim dari percertakan, anget pisan..

    BalasHapus